Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah: Studi Empiris Pada Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan

Yolanda, Velia (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah: Studi Empiris Pada Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VELIA_YOLANDA_17043087_4110_2021.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menganalisis pengaruh Kualitas Laporan Keuangan, Aksesibilitas Laporan Keuangan, Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Pemanfaatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SKPD dan DPRD yang ada di Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan dengan sampel yang diambil sebanyak 121. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pemanfaatan laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen dan kualitas laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan, latar belakang pendidikan, pengetahuan akuntansi sebagai variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap pemanfaatan laporan keuangan pemerintah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:51
Last Modified: 14 Mar 2022 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37263

Actions (login required)

View Item View Item