Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional pada RSUD dr. Achmad Darwis dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi

Ningsih, Vivi Gusnia (2021) Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional pada RSUD dr. Achmad Darwis dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Vivi_Gusnia_Ningsih_17059034_4860_2021.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi : (1) Pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasional di RSUD dr. Achmad Darwis (2) pengaruh iklim organisasi terhadap stres kerja di RSUD dr. Achmad Darwis (3) pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional di RSUD dr. Achmad Darwis (4) peran yang dimiliki stres kerja dalam mempengaruhi hubungan iklim organisasi terhadap komitmen organisasional sebagai pemediasi di RSUD dr. Achmad Darwis. Metodologi - Sampel dalam penelitian ini adalah 73 perawat yang bekerja di ruang rawat inap RSUD dr. Achmad Darwis di Suliki, Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Partiel least square (PLS) dipilih sebagai model persamaan struktural (SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil - Berdasarkan analisis data penelitian ini mendapatkan bahwa : ( 1) iklim organisasi berpengaruh langsung dan signifikan serta positif terhadap komitmen organisasional di RSUD dr. Achmad Darwis, (2) iklim organisasi berpengaruh langsung dan signifikan serta negatif terhadap stres kerja di RSUD dr. Achmad Darwis, (3) stres kerja berpengaruh langsung dan signifikan serta negatif terhadap komitmen organisasional di RSUD dr. Achmad Darwis, (4) stres kerja secara signifikan memediasi hubungan antara iklim organisasi terhadap komitmen organisasional di RSUD dr. Achmad Darwis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:27
Last Modified: 14 Mar 2022 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37259

Actions (login required)

View Item View Item