Pengaruh Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, dan Nilai Etika terhadap lntensi Kecurangan Karyawan (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN)

Hildayani, Riski (2021) Pengaruh Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, dan Nilai Etika terhadap lntensi Kecurangan Karyawan (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RISKI_HILDAYANI_19043186_4357_2021.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi, dan nilai etika terhadap intensi kecurangan karyawan pada perusahaan BUMN di Indonesia. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan BUMN di Indonesia. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 65 orang sampel karyawan di perusahaan BUMN di Indonesia. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Analisis data menggunakan regresi berganda, intensi kecurangan karyawan sebagai variabel terikat dan tekanan, peluang, rasionalisasi serta nilai etika sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) tekanan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap intensi kecurangan karyawan, sehingga hipotesis 1 ditolak, (2) peluang berpengaruh signifikan positif terhadap intensi kecurangan karyawan, sehingga hipotesis 2 diterima, (3) rasionalisasi berpengaruh signifikan positif terhadap intensi kecurangan karyawan, sehingga hipotesis 3 diterima, (4) nilai etika tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap intensi kecurangan karyawan, sehingga hipotesis 4 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa peluang dan rasionalisasi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi kecurangan karyawan di perusahaan BUMN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:24
Last Modified: 10 Mar 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37230

Actions (login required)

View Item View Item