Implementasi Kebijakan Pemerintah Nagari Tentang Tata Kelola Hutan Lindung dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Idrus, Mutia Latifa (2021) Implementasi Kebijakan Pemerintah Nagari Tentang Tata Kelola Hutan Lindung dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUTIA_LATIFA_IDRUS_17042217_4362_2021.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan Pemerintah Nagari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, serta mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung implementasi kebijakan Pemerintah N agari tentang tata kelo la hutan lindung dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Penlitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Pemilihan Informan pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, obesrvasi dan studi dokumentasi, serta melakukan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara merangkum catatan-catatan yang telah ditemui di lapangan dan dibantu dengan alat pengumpul data seperti Kamera HP, dan alat perekam wawancara dengan informan saat dilapangan, setelah itu barulah didapatkan kesimpulan dengan didukung bukti-bukti yang valid dan konsistensi sehingga mendapatkan kesimpulan yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah N agari Koto Malintang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat termasuk kategori desa peduli kawasan sekeliling Danau Maninjau yang merupakan rawan bencana alam karena dikelilingi perbukitan yang curam. Dengan adanya hutan lindung yang diterapkan oleh Pemerintah N agari Koto Malintang memungkinkan masyarakat hidup dengan selamat dari bencana bahkan bisa melakukan usaha-usaha seperti pembudidayaan durian, yang bisa meningkatkan perekonomian sehingga bisa memberdayakan masyarakat. Faktor yang menghambat dan mendukung implementasi kebijakan Pemerintah Nagari Koto Malintang kurangnya anggaran dari Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana di N agari Koto Malintang, dengan adanya akses jalan menuju hutan lebih cepat dan mudah tentunya mempermudah masyarakat dalam mengelola hasil hutan. Dengan penghargaan yang diraih oleh Nagari Koto Malintang berupa Penghargaan Kalpataru pada tahun 2013 dan Penghargaan W analestari ( Desaku Hijau dan Desaku Asri) pada tahun 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:23
Last Modified: 10 Mar 2022 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37223

Actions (login required)

View Item View Item