Pemanfaatan Media Luar Ruang Sebagai Salah Satu Strategi Pemenangan Lisda Hendrajoni Dalam Pileg 2019 Dapil Sum bar 1: Kajian Sosiologi Komunikasi Politik

Putra, Zeri Milyuta (2021) Pemanfaatan Media Luar Ruang Sebagai Salah Satu Strategi Pemenangan Lisda Hendrajoni Dalam Pileg 2019 Dapil Sum bar 1: Kajian Sosiologi Komunikasi Politik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ZERI_MILYUTA_PUTRA_17058230_654_2021.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangan Lisda Hendrajoni dalam Pileg 2019 Dapil Sumbar 1. Latar belakang penelitian bermula dari kemenangan Lisda Hendrajoni dalam pemilihan umum legislatif periode 2019-2024 menjadi anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem). Di mana Lisda Hendrajoni menggunakan media luar ruang sebagai salah satu strategi pemenangannya dalam pileg 2019. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan yaitu bagaimana strategi yang dilakukan dalam memanfaatkan media luar ruang dalam kampanye Lisda Hendrajoni di Dapil Sumbar 1. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui teori Political Marketing (Pemasaran Politik) oleh Andrew Lock & Phil Harris. Dalam teori ini Andrew Lock & Phil Harris membagi Political Marketing (Pemasaran Politik) kedalam 4P yaitu : Product (Produk), Promotion (Promosi), Price (Barga), dan Place (Penempatan). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan informan adalah dengan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analsisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye Lisda Hendrajoni dalam memanfaatkan media luar ruang dalam Pileg 2019 dilakukan dengan beberapa strategi yaitu ( 1) Pemetaan daerah untuk pemasangan Media Luar Ruang (2) Pemasangan Media Luar Ruang di tempat Strategis (3) Memasang Media Luar Ruang di daerah pinggiran (4) Menyebarkan Alat Peraga Kampanye ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:15
Last Modified: 08 Mar 2022 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item View Item