Pengaruh Faktor Keuangan dan Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Financial Distress: Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh Tahun 2015-2019

Zakia, Rahima (2021) Pengaruh Faktor Keuangan dan Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Financial Distress: Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh Tahun 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHIMA_ZAKIA_17043054_4259_2021.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh faktor keuangan (rasio efektivitas, rasio efisiensi, rasio solvabilitas dan rasio pertumbuhan) dan karakteristik pemerintah daerah (derajat desentralisasi, kompleksitas pemerintah daerah, luas wilayah dan opini audit) terhadap financial distress pemerintah daerah pada kabupaten dan kota di Provinsi Aceh dalam rentang waktu dari tahun 2015 sampai 2019 untuk 5 tahun. Data pada penelitian ini diperoleh dari BPK dan BPS Perwakilan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan total sampel 23 kabupaten/kota dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa derajat desentralisasi dan kompleksitas pemerintah daerah berpengaruh signifikan negatif terhadap financial distress. Rasio pertumbuhan berpengaruh signifikan positif terhadap financial distress. Sedangkan rasio solvabilitas dan luas wilayah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial distress. Rasio efektivitas, rasio efisiensi dan opini audit berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadapfinancial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:31
Last Modified: 08 Mar 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37201

Actions (login required)

View Item View Item