Adaptasi Pemilik Kedai Kelontong dalam Pelaksanaan Fungsi Ekonomi Keluarga pada Masa Covid-19 di Kawasan Air Ta war Barat Kota Padang

Fetra, Wigo Mahata (2021) Adaptasi Pemilik Kedai Kelontong dalam Pelaksanaan Fungsi Ekonomi Keluarga pada Masa Covid-19 di Kawasan Air Ta war Barat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WIGO_MAHATA_FETRA_17058132_2608_2021.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam melihat adaptasi pemilik kedai kelontong dalam pelaksanaan fungsi ekonomi keluarga pada masa Covid-19 di kawasan Air Tawar Barat Kota Padang. Adaptasi merupakan cara bagaimana organisme menyesuaikan diri dan mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adaptasi pemilik kedai kelontong dalam pelaksanaan fungsi ekonomi keluarga pada masa Covid-19 di kawasan Air Tawar Barat Kota Padang. Dalam menganalisis penelitian rm peneliti mengunakan teori Fungsionalisme Struktural yang dikembangkan oleh Talcott Parsons dalam kerangka teori Adaptation (adaptasi), teori ini menjelaskan sebuah sistem harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Studi Kasus (Case Study). Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling teknik ini yaitu memilih informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dengan jumlah informan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh keluarga pemilik kedai kelontong dalam pelaksanaan fungsi ekonomi keluarga pada masa pandemi Covid-19 di kawasan Air Tawar Barat Kota Padang terdiri dari adaptasi internal dan adaptasi eksternal. Adaptasi Internal yaitu, 1) Barang di kedai dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. 2) Penghematan belanja Rumah Tangga. 3) Penghematan belanja anak. 4) Pembatasan pembelian stok barang kedai kelontong. Adaptasi eksternal yaitu, 1) Pengembangan Usaha. 2) Komunikasi dengan konsumen. 3) Menambah j aringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:30
Last Modified: 07 Mar 2022 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37194

Actions (login required)

View Item View Item