Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru Dalam Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Lima Orang Siswa SMA di Kota Padang

Yanda, Wahyu Dwi (2021) Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru Dalam Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Lima Orang Siswa SMA di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WAHYU_DWI_YANDA_16058056_5852_2021.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan aplikasi ruang guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Saat ini dunia pendidikan mendapat masalah cukup serius adanya virus Covid-19 yang melanda, sehingga siswa membutuhkan media pembelajaran tambahan untuk meningkat motivasi belajar, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan di masa pandemi Covid-19 ini adalah aplikasi ruangguru. Tujuan penelitian mt adalah mengetahui pemanfaatan ruangguru dalam pembelajaran oleh siswa SMA di masa pandemi. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti mengunakan teori Struktural Fungsionalisme yang dikembangkan o leh Robert K. Merton, Menurut teori Merton ini ada dua fungsi yaitu fungsi Manifes dan fungsi laten dari kedua fungsi tersebut peneliti menganalisis fungsi manifes dan laten dari pemanfaatan aplikasi ruangguru oleh siswa SMA di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Studi Kasus. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling teknik ini yaitu memilih informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dengan jumlah informan 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa ada 3 bentuk pemanfaataan aplikasi ruangguru bagi siswa SMA di kota Padang: (1) Pemanfaatan video pembelajaran ruangguru dan kuis, (2) Pemanfaatan Bank Soal dan pembahasan Soal, (3) Pemanfaatan Fitur Ruangles Online dan Roboguru. Sedangkan dampak dari pemanfaatan Aplikasi Ruangguru oleh lima siswa SMA di Kota Padang mengalami peningkatan dari nilainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:30
Last Modified: 08 Mar 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37191

Actions (login required)

View Item View Item