Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Discovery Learning Berbasis Media Tts Puzzle Discovery Education pada Siswa XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman

Sari, Nia Novita (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Discovery Learning Berbasis Media Tts Puzzle Discovery Education pada Siswa XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NIA_NOVITA_ SARI_16058014_5855_2021.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurang tepatnya strategi yang di gunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Untuk itu solusi dari permasalahan tersebut menggunakan melalui model discovery learning berbasis media tts puzzle discovery education. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model discovery learning berbasis media tts puzzle discovery education dalam pembelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsapp. Instrumen penelitian mengunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Untuk melihat peningkatan setiap siklus diolah dengan menggunakan rumus Percentages Correction S=R/Nx 100. Terget yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu 61 % keatas mencapai kategori baik, hasil penelitian di olah menggunakan rumus P=(F/N)Xl00%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning berbasis media teka-teki silang puzzle discovery education Secara keseluruahan hasil belajar siswa meningkat dari pra tindakan sebesar 37 % menjadi 54%, peningkatannya sebesar 17%. Kemudia dari siklus I sebesar 54% ke siklus II sebanyak 77%, peningkatan sebesar 23%. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada pertemuan I jumlah rata-rata hasil belajar siswa yaitu 50 dan pada pe rtemuan ke dua menjadi 58. Apabila dipersentasekan sebesar 54%. Jika di intervalkan hasil belajar tersebut termasuk kategori cukup. Pada siklus II peneliti mendapatkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:38
Last Modified: 08 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37163

Actions (login required)

View Item View Item