Peran Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal dalam Pendidikan Karakter Anak di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Sari, Mhoren Puspita (2021) Peran Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal dalam Pendidikan Karakter Anak di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MHOREN_PUSPITA_ SARI_17058070_6023_2021.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran ayah sebagai orang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan karakter anak di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jumlah ayah tunggal terbanyak terdapat di Nagari Pasir Talang. Ayah tersebut menjalankan peranya secara sendirian dalam mencari nafkah dan mendidik anaknya. Ayah tersebut berhasil dalam menerapkan pendidikan karakter. Maka hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian tentang pendidikan karakter anak dalam keluarga yaitu peran ayah sebagai orang tua tunggal. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori peran oleh Stephen dan Stephan. Asumsi dasar Stephan dan Stephen tentang teori peran bahwa dalam peran terkandung harapan peran. Harapan peran ini merupakan konsep masyarakat terhadap apa yang akan dilakukan oleh individu . Penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus jenis studi kasus instrinsik, teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 15 orang ayah tunggal, 15 orang anak yang memiliki ayah tunggal, dan 15 orang tetangga atau keluarga ayah tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipasi, dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat di tarik kesimpulan bahwa (1) ayah mendidik anaknya dengan nilai religius, yang dilakukan ayah dengan penanaman nilai religuis mulai dari sholat, menutup aurat, dan berbuat baik. (2) ayah membimbing anak melalui pendisiplinan, yaitu penerapan nilai karakter nilai disiplin diri, disipin kerapian, dan disiplin waktu (3) ayah sebagai sahabat bagi anaknya, yaitu penerapan nilai karakter komunikatif melalui lingkugungan masyarakat dan dalam keluarga, (4) ayah sebagai pembimbing bagi anaknya, yaitu penerapan nilai karakter mandiri, mulai dari mandiri di rumah, dan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:36
Last Modified: 02 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37156

Actions (login required)

View Item View Item