Motif Guru Memilih Metode Ceramah dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 13 Padang

Aini, Janatul (2021) Motif Guru Memilih Metode Ceramah dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_JANATUL_AINI_16058092_2254_2021.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sosiologi mengharuskan guru menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, namun guru lebih sering memilih metode ceramah dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 13 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah SMAN 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, bahwa metode ceramah tidak perlu memerlukan banyak waktu Kedua, guru bisa berinteraksi dengan siswa. Ketiga, guru bisa melihat secara langsung sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan guru. Teori yang digunakan untuk menjelaskan basil penelitian ini adalah teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Dalam teori ini mengatakan bahwa Tindakan sosial adalah tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyai makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan pada tindakan orang lain. Sebaliknya tindakan individu yang diarahkan kepada benda mati atau objek fisik semata tanpa dihubungkannya dengan tindakan orang lain bukan merupakan tindakan sosial. Penelitian ini mengguakan pendekatan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian ini adalah Guru Sosiologi serta peserta didik.informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan dianalisis secara terns menerus dengan menggunakan model Interactive Model of Analisys yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dikarenakan beberapa alasan diantaranya menghemat waktu, guru bisa melihat sejauh mana peserta didik memahami pembelajaran dan 2. guru bisa berinteraksi dengan siswa sehingga ada interaksi langsung yang diberikan guru kepada siswa agar proses pembelajaran yang dilakukan berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:34
Last Modified: 02 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37136

Actions (login required)

View Item View Item