Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus Strategi Guru dalam Melaksanakan Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Bukittinggi

Efriwandi, Efriwandi (2021) Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus Strategi Guru dalam Melaksanakan Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_EFRIWANDI_17058061_4263_2021.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi guru sosiologi dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 2 Bukittinggi. strategi pembelajaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilaksanakan oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan untuk menumbuhkan hasil belajar siswa secara efektif dan efesien dengan menggunakan metode, dan alternatif model. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis strategi guru sosiologi dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Alasan peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 2 Bukittinggi SMA Negeri 2 Bukittinggi pertama kalinya melakukan pembelajaran daring pada tahun 2020, sebelumnya sekolah tersebut belum pernah melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring sangat Mendukung pelaksanaannya di SMA Negeri 2 Bukittinggi karena memiliki media pembelajaran terbaru, kondisi jaringan internet yang bagus, dan pada umumnya siswa memiliki android. Untuk menganalisis permasalahan penelitian ini, penulis menggunakan teori Aksi dari Talcoctt Parsons untuk menganalisis penelitian ini. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus serta teknik pemilihan informan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah in/roman 11 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Pembelajaran dilaksanakan secara daring, dan shift yang mana dalam pembelajaran daring cara guru sosiologi yaitu share bahan ajar share tugas dan media pembelajaran yang digunakan adalah power point yang diberikan kepada siswa dan meeting dilakukan satu kali dalam dua minggu mesikupun akses internet bagus di SMA Negeri 2 Bukittinggi, mesikupun siswa melek teknologi dan tidak terkendala dengan internet guru yang gaptek selain mengikuti pelatihan yang diadakan sekolah guru juga memanfaatkan mahasiswa PL dalam proses pengelolaan kelas yang mana ini merupakan pengalaman pertama mahasiswa PL dalam mengajar mahasiswa mengambil bahan ajar dari google lalu mengirim kepada siswa dan mengirim power point kepada siswa tanpa menjelaskannya kembali, sistem evalusi untuk mencapai KKM direkayasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:25
Last Modified: 02 Mar 2022 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item View Item