Pengembangan Video Blogging (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi Untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik SMAN 1 Padang Panjang

Paramitha, Dinda (2021) Pengembangan Video Blogging (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi Untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik SMAN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DINDA_PARAMITHA_17058162_4662_2021.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui khalayak media Video Blogging pelajaran sosiologi dengan topik bentuk integrasi sosial dan faktor pendorong integrasi sosial yang dikembangkan berdasarkan respon peserta didik, 2) untuk mengetahui minat peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Video Blogging (Vlog) sebagai media pembelajaran sosiologi. Jenis penelitian menggunakan pengembangan Research and Development) dengan menggunakan model 4-D: Define (Pendefinisian), (Perancangan), Develop ( Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Untuk melihat media Video Blogging layak digunakan dan efektif untuk proses pembelajaran daring sekaligus tatap muka, maka peneliti melakukan uji validitas bersama ahli materi bersama dosen sosiologi Universitas Negeri Padang, ahli media bersama dosen Sosiologi Universitas Negeri Padang, praktikalitas guru bersama guru sosiologi SMAN 1 Padang Panjang dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran bersama peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Padang Panjang yang akan dikembangkan Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media Video Blogging pada mata pelajaran sosiologi sangat layak digunakan. Terbukti dari penilaian ahli materi terhadap media Video Blogging dengan nilai 63 % dengan kategori baik. Penilaian validasi media terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Penilaian praktikalitas guru terhadap media pembelajaran yaitu 83 % dengan kategori sangat baik, dan penilaian tanggapan peserta didik terhadap media adalah 48 % dengan kategori cukup baik. Secara keseluruhan media pembelajaran berbasis Video blogging dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran tatap muka sekaligus daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:15
Last Modified: 01 Mar 2022 06:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37127

Actions (login required)

View Item View Item