Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Payakumbuh

Nurhayati, Dian (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DIAN_NURHAYATI_17058160_4613_2021.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tercapainya penguasaan materi pada peserta didik dan kurangnya sumber belajar yang tersedia di sekolah. Metode yang digunakan oleh gurunya juga masih berupa metode ceramah (techer centered) yang hanya berpusat pada guru,sedangkan dikurikulum 2013 menuntut peerta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan membiasakan peserta didik untuk terbiasa membangun konsep dalam proses belajar. penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD terhadap penguasaan materi sosiologi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Payakumbuh, pada aspek penguasaan materi perilaku menyimpang masyarakat. Penelitian ini berjenis R&D. Teknik pengumpulan data melalui soal yang diberikan pada saat pretest dan posttets. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 berjumlah 3 8 orang dengan teknik pengambilan sampel melalui pembagian soal secara individu . Penelitian ini dianalisis dengan teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Temuan penelitian terdapat pengaruh penggunaan LKPD terhadap penguasaan materi di kelas X IPS 1 SMA N 2 payakumbuh untuk materi hal ini dibuktikan dengan hasil dari angket validator yang menyatakan 86,4% LKPD ini Baik serta dari hasil angket praktikalitas guru terhadap LKPD menyatakan hasil angket praktikalitas guru yang menyatakan 100% Setuju serta layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:14
Last Modified: 01 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37126

Actions (login required)

View Item View Item