Strategi Belajar Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Pada Masa Pandemi Covid-19

Ranti, Desri (2021) Strategi Belajar Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DESRI_RANTI_17058060_5133_2021.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi belajar mandiri yang digunakan oleh siswa SMA di Jorong Sungai Batarak Kenagarian Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok ketika sekolah daring. Latar belakang penelitian ini bermula dengan munculnya sebuah pandemi di akhir tahun 2019 yaitu Covid-19(Corona Virus Disease)yang memunculkan pengambilan kebijakan oleh pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.Kebijakan itu berisi kebijakan untuk melakukaan sistem pembelajaran daring atau belajar dari rumah. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah kerumanan dan tetap stay at home. Namun hal ini memunculkan masalah baru di dunia pendidikan khususnya di daerah terpencil atau blankspot. Kebutuhan utama untuk sekolah Daring adalah memadainya jaringan internet, sedangkan di daerah-daerah terpencil yang tidak memiliki jaringan menjadi masalah dan tantangan tersendiri untuk tetap belajar seperti biasa. Hal ini juga lah yang dirasakan oleh siswa-siswi SMA di Jorong Sungai Batarak, yang mana mereka kesulitan untuk mengikuti kebijakan pemerintah untuk melaksanakan sekolah daring karena keterbatasan janngan. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan yaitu bagaimanaStrategi Belajar Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Pada Masa Pandemi Covid-19. Pertanyaan tersebut dapat dilihat dari strategi-strategi apa saja yang mereka gunakan untuk tetap belajar ditengah keterbatasan jaringan ketika sekolah Daring.Pertanyaan tersebut akan dianalis menggunakan teori Aksi milik Talcott parsons. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dimulai dari observasi participant, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa hanya mengikuti arus dalam pembelajaran. tidak terlalu memikirkan strategi apa yang baik untuk digunakan dalam belajar. Belajar sambil bermain, belajar kelompok, belajar setelah selasai pekerjaan rumah, screenshot materi dari google kemudian membuatnya dirumah. Adapun materi bisa mereka dapatkan jikalau sinyal wifi yang ada di beberapa tempat di Jorong Sungai Batarak tidak mati atau terjadi pemadaman listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:14
Last Modified: 01 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37124

Actions (login required)

View Item View Item