Pengembangan Modul Sosiologi pada Materi lntegrasi Sosial untuk Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang

Soraya, Bunga (2021) Pengembangan Modul Sosiologi pada Materi lntegrasi Sosial untuk Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_BUNGA_SORAYA_17058153_4670_2021.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pada materi integrasi sosial pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang, (2) mengetahui kelayakan modul pada materi integrasi sosial, (3) mengetahui pratikalitas modul pada materi integrasi sosial, ( 4) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul ini. Jenis penilitian ini adalah R&D memakai model 4D: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Kelayakan modul sosiologi dilihat dari skor kelayakan yang didapatkan yang diolah menggunakan Microsoft Excel. Uji coba lapangan produk dilakukan pada kelas XI IPS 1 di SMA Adabiah Padang dengan jumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sumber belajar modul ini sangat memadai untuk pembelajaran sosiologi dalam materi Integrasi Sosial, (2) modul ang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak karena memiliki rata-rata 0,87 (3) modul ini sangat praktis untuk digunakan karena memperoleh skor rata- rata 3,85 (4) peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan mengggunakan modul ini mendapatkan peningkatan kemampuan penguasaan materi dapat dilihat pada nilai akhir posttest yaitu 86,46.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:32
Last Modified: 01 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37112

Actions (login required)

View Item View Item