Kebertahanan Pasangan Suami Istri Tanpa Anak: Studi di Kasus Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Zakiah, Aziza (2021) Kebertahanan Pasangan Suami Istri Tanpa Anak: Studi di Kasus Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_AZIZA_ZAKIAH_17058058_6076_2021.pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor penguat kebertahanan pasangan suami istri tanpa anak di Nagari Kambnag Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini menarik untuk diteliti karena salah satu fungsi keluarga yaitu fungsi biologis atau reproduksi yang mana fungsi reproduksi ini bertujuan untuk adanya tambahan anggota-anggota baru dalam keluarga atau untuk melanjutkan keturunan, selain itu banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa pemikahan tanpa anak akan lebih rentan terjadinya perceraian dibandingkan dengan pemikahan yang mempunyai anak meskipun hasil penelitian mengungkapkan bahwa penelitian tanpa anak rentan terjadinya perceraian namun di Nagari Kambang Timur banyak pasangan yang tidak punya anak tapi tetap mempertahankan pemikahan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional oleh James S. Coleman. Teori pilihan rasional memusatkan perhatian pada aktor. Aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai tujuan atau mempunyai maksud. Artinya aktor mempunyai tujuan dan tindakannya tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan itu. Aktorpun dipandang mempunyai pilihan atau nilai, keperluan, yang penting adalah kenyataan bahwa tindakan dilakukan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan tingkatan pilihannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus jenis studi kasus instrinsik, teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang menjadi penguat kebertahanan pasangan suami istri yang tidak mempunyai anak (1) Faktor agama: Keyakinan Kepada Takdir Tuhan yaitu suami istri meyakini segala sesuatu hal itu merupakan takdir dari allah dan untuk itu harus tetap bersyukur atas apa yang diberikan oleh allah. (2) Cinta dan kasih sayang, cinta antara suami istri dapat menciptakan keluarga yang harmonis ditambah lagi dengan sikap saling percaya satu sama lain dan menghilangkan ego masing-masing. (3) Dukungan sosial yaitu dukungan dari keluarga, teman-teman dan juga orang disekitamya. (4) Ketergantungan yang kuat terhadap suami yai tu ketergantungan dari pihak istri terhadap uang yang diberikan oleh suaminya karena posisinya suamilah yang menghasilkan uang. ( 5) Faktor budaya yaitu pandangan negatif masyarakat terhadap janda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:32
Last Modified: 02 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37108

Actions (login required)

View Item View Item