Hubungan Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman

Syahri, Wella Yanmita (2021) Hubungan Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_WELLA_YANMITA_SYAHRI_17067052_3650_2021.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Masa pandemic Covid-19 mengharuskan pelaksanaan pembelajaran di sekolah secara Daring (Dalam Jaringan) atau jarak jauh. Sekolah SMK Negeri 1 Pariaman telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Siswa kelas X membutuhkan arahan atau motivasi dalam belajar agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan efektif. Alat ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar ditunjukan dari prestasi belajar. Banyak siswa yang mengalami penurunan hasil belajar yang ditunjukan dari skor (Nilai) yang didapati siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar serta mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi berjumlah 67 siswa dari kelas X jurusan Teknik Mekanik Industri dan anggota populasi menjadi sampel keseluruhan atau disebut total sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional yaitu mengetahui hubungan antara variabel yang berbeda. Data dari variabel dependent didapati melalui Angket (Questionnaire) dan rata-rata nilai ulangan harian semester 1 siswa tahun ajaran 2020/2021. Analisis data penelitian menunjukan motivasi belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 87.89 dan hasil belajar di kategori sedang dengan nilai mean sebesar 70.81. Output SPSS menunjukan nilai Corralate (r) atau rhitung sebesar 0,255>0,240 rtabel dan nilai signifikan diperoleh 0,37 pada taraf 5%. Artinya adanya hubungan positif dan signifikansi antara variabel motivasi belajar dan variabel hasil belajar selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan berada pada tingkat korelasi yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAMBAR TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:28
Last Modified: 25 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37104

Actions (login required)

View Item View Item