Efektivitas Metode Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Belajar pada Anak Tunarungu: Single Subject Research Kelas VII di SLB YPAC Sumbar

Wahyuni, Rani (2022) Efektivitas Metode Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Belajar pada Anak Tunarungu: Single Subject Research Kelas VII di SLB YPAC Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RANI_WAHYUNI_16003041_782_2022.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat lampu belajar melalui metode pembelajran langsung pada anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen single subject research (SSR) dan desain A-B-A. Teknik analisis data menggunakan visual grafik. Subjek penelitian anak tunarungu kelas VII di SLB YPAC Sumbar. Target behavior dalam penelitian adalah mampu membuat lampu belajar dengan benar. Pengukuran pada variabel menggunakan persentase dari butir instrumen. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi yang menunjukkan estiminasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta overlap data yang memiliki persentase rendah. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline (A1) sebanyak empat kali pertemuan dengan stabil pada 22,5% , kondisi intervensi (B) sebanyak enam kali pertemuan dengan nilai tertinggi 67,5 % dan pada kondisi baseline (A2) sebanyak tiga kali perlakuan dengan nilai tertinggi 80%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas metode pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan membuat lampu belajar pada anak tunarungu kelas VII di SLB YPAC Sumbar. Dari hasil penelitian ini semoga bermanfaat bagi guru dan peneliti selanjutnya jika ditemui masalah yang sama pada anak tunarungu lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN, METODE PEMBELAJARAN, ANAK TUNARUNGU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:36
Last Modified: 16 Jun 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37094

Actions (login required)

View Item View Item