Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh.

Oktavalen, Sisi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SISI_OKTAVALEN_17004150_16_2022.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada mata pelajaran Matematika di SMPN 1 Payakumbuh, proses belajar mengajar kurang menarik dan menyenangkan karena tidak didukung oleh model dan media yang sesuai. Masih ada hasil belajar siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini menguji cobakan model pembelajaran Mastery Learing berbantuan video dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy experiment. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh yang teridir dari 10 kelas dengan jumlah siswa 334 orang dan sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Siswa kelas VIII10 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII8 sebagai kelas kontrol, masing- masing berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes objektif dan alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII10 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mastery Learning berbantuan video adalah 86,4 dan kelas VIII8 yang menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan video adalah 80,4. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung 2,516 sedangkan ttabel 2,001 pada taraf kepercayaan 95% (α 0,05), sehingga thitung > ttabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Mastery Learning berbantuan video dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MASTERY LEARNING, MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:34
Last Modified: 20 Jun 2022 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37085

Actions (login required)

View Item View Item