Kajian Teknis Alat Gali Muat (Rocker Shovel) Dalam Upaya Pencapaian Target Produksi Bijih Emas di PT. Dempo Maju Cemerlang, Kampung Mesin Gergaji Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Sumatera Barat

Hafid, Saleh (2021) Kajian Teknis Alat Gali Muat (Rocker Shovel) Dalam Upaya Pencapaian Target Produksi Bijih Emas di PT. Dempo Maju Cemerlang, Kampung Mesin Gergaji Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_SALEH_HAFID_17080056_3646_2021.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Dempo Maju Cemerlang sebagai salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang penambangan Ore ikut terdorong untuk Mengoptimalkan penggalian cadangan Ore yang ada. Khususnya di Daerah Kampung Mesin Gergaji, Nagari Tambang, IV Jurai Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Dalam operasi penambangan di PT. Dempo Maju Cemerlang digunakan metode penambangan Shrinkage. Yang dimaksud dengan shrinkage itu sendiri adalah sistim penggaliannya dilakukan secara over hand bijih dihancurkan dan dibiarkan didalam Stope dimana bagian Ore yang dihancurkan ditinggalkan dalam Stope berfungsi sebagai tempat berpijak pekerja untuk menambang Ore bagian atasnya. Permasalahan yang terjadi setelah penulis melakukan analisis data adalah belum tercapainya target produksi pada bulan agustus 2020 sebesar 1.800 ton/bulan. Produksi yang didapat oleh alat gali muat adalah sebesar 1.684,49 ton/bulan. Adapun beberapa faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi produksi sehingga diperlukan kajian terhadap faktor penghambat agar produksi dapat tercapai diantaranya yaitu waktu edar alat gali muat, kurangnya efisiensi kerja alat gali muat, efisiensi kerja operator sehingga kerja alat gali muat tidak maksimal. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi dapat tercapai yaitu dengan meningkatkan waktu kerja sehingga efisiensi kerja alat meningkat dan mengurangi waktu standby setelah dilakukan perbaian pada waktu kerja efekif didapat kemampuan produksi sebesar 2.415,7 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRODUKSI BIJIH EMAS
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:38
Last Modified: 23 Feb 2022 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37084

Actions (login required)

View Item View Item