Analisis Penerapan Tarif Pajak Progresif Kendaraan Bermotor terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Di Kantor Samsat Kota Padang

Hilyadi, Khofifah Redilla (2021) Analisis Penerapan Tarif Pajak Progresif Kendaraan Bermotor terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Di Kantor Samsat Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KHOFIFAH_REDILLA_HILYADI_18233055_4531_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti Penerapan Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kota Padang. Penelitian dilakukan di Kantor Wilayah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Jl. Asahan No.2, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tarif pajak progresif kendaraan bermotor. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yaitu menggambarkan dan menganalisa data berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang ada, dalam hal ini data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung di Kantor Samsat Kota Padang dan data sekunder diperoleh dari Kantor Samsat Kota Padang berupa data Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2017 sampai dengan Tahun 2020 serta data Rekapitulasi Kendaraan Progresif menurut Jenis Kendaraan Bermotor tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahaan data menunjukan bahwa, masih banyak wajib pajak yang belum tahu tentang penerapan pajak progresif kendaraan bermotor ini, untuk Prosedur pemungutan pajak progresif kendaraan bermotor sama halnya dengan pemungutan pajak kendaraan bermotor biasa mulai dari tahap pendaftaran, penetapan, sampai pada tahap pembayaran dan pengesahan. Solusi untuk tidak terkena Pajak Progresif apabila kendaraan sudah dijual yaitu Membuat Kartu Keluarga (KK) yang terpisah dari orang tua, Mengurus pecah sertifikat rumah menjadi beberapa bagian, Memilih menggunakan transportasi umum, Jual Kendaraan dan Blokir STNK supaya Tak Kena Pajak Progresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PAJAK PROGRESIF, KENDARAAN BERMOTOR, PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:13
Last Modified: 23 Feb 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item