Analisis Kualitas Pelayanan PT.Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat terhadap Persepsi Penumpang dengan Menerapkan Metode Fuzzy Topsis.

Piche, Gama Magistra (2021) Analisis Kualitas Pelayanan PT.Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat terhadap Persepsi Penumpang dengan Menerapkan Metode Fuzzy Topsis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_GAMA_MAGISTRA_PICHE_16059089_3132_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Layanan transportasi kereta api di kota Padangdikelola oleh PT. KAI Divisi Regional II (DIVRE II) Sumatera Barat yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan permintaan jasa transportasi kereta api. Salah satu Layanan jasa transportasi kereta api reguler di PT. KAI DIVRE II Sumatera Barat yang masih aktif sampai saat ini yaitu kereta api Sibinuang yang melayani perjalanan dari Kota Padang-Pariaman. Penelitian ini hanya akan fokus kepada sisi eksternal perusahaan yakni dalam sudut pandang penumpang yang menggunakan jasa transportasi dari PT.Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat untuk jalur Padang-pariman. Dalam penelitian ini jumlah populasinya tidak diketahui . sehingga menentukan ukuran sampel dari populasi menggunakan teori yang dikembangkan dari Isac Michael. Metode pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Pada penelitian ini peneliti menggunaan metode servqual dan perangkingan fuzzy topsis untuk mengukur kualitas pelayan. Hasilnya adalah dari lima kriteria yang diteliti oleh peneliti yaitu, tangible, reliability, Responsivenesses assurance, dan empathy . terdapat nilai gap tertinggi pada kriteria Responsivenesses yaitu dengan nilai Preferensi sebesar 0.9587, lalu kriteria tangible dengan nilai prefernsi 0.9587, ketiga kriteria assurance preferensi 0.9503, lalu adalah kriteria empathy dengan nilai 0.9330, dan yang terakhir kriteria reliability. Hasil penelitian disimpulkan ada beberapa kriteria yang sudah memenuhi kuatitas pelayanan yaitu pada krtiteria responsivenesses dan kriteria tangible. Sedangkan kualitas pelayanan di bagian keamanan atau assurance dinilai penumpang masih biasa saja. Dan untuk reliability dan emphaty, kualitas pelayanan pada kedua kriteria ini masih belum memuaskan. Untuk itu diharapkan PT. Kai kereta api Divre II sumatera barat dimasa yang akan dapat dapat lebih meningkatkan kualitas pelayananannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KERETA API, KUALITAS PELAYANAN, TRANSPORTASI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:35
Last Modified: 23 Feb 2022 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37079

Actions (login required)

View Item View Item