Analisis Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Kebijakan Penanganan COVID-19 oleh Pemerintah di Kecamatan Kubung

Kairoot, Ridhatul (2021) Analisis Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Kebijakan Penanganan COVID-19 oleh Pemerintah di Kecamatan Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIDHATUL_KAIROOT_17052028_5167_2021.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Narasi-narasi yang hadir sejak awal kemunculan Coronvirus yang disampaikan oleh beberapa elit politik membentuk stigma berbeda di masyarkat. Stigma yang telah terbentuk di masyarakat sejak awal kemunculan COVID-19 mempengaruhi tingkat keterlibatan masyarakat dalam menjalankan kebijakan penanganan COVID-19. Keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan COVID-19 di pengaruhi oleh kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan maupun pemerintah yang mengeluarkan kebijakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan kebijakan penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh Pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket atau kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi masyarakat Kecamatan Kubung. Sampel tersebut dibagi pada 5 kluster masyarakat, yakni Petani, Aparatur Sipil Negera (ASN), Pedagang, Mahasiswa dan profesi lainnya. Persentase kelonggaran ketelitian kesalahan pengambilan sampel yang masih ditolerir adalah 10%. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan kebijakan penanganan COVID-19 oleh pemerintah berada pada angka 3,39 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum tergolong pada kategori kurang percaya. Berdasarkan klaster hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan penanganan COVID-19 pada Klaster Petani berada pada angka 3,10 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum berada pada kategori kurang percaya, sedangkan untuk klaster ASN (Aparatur Sipil Negara) tingkat kepercayaan masyarakat berada pada angka 4,09 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum berada pada kategori percaya, untuk klaster Pelajar/Mahasiswa tingkat kepercayaan masyarakat berada pada angka 3 ,3 7 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum berada pada kategori kurang percaya, selanjutnya untuk klaster Pedagang tingkat kepercayaan masyarakat berada pada angka 3,01 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum berada pada kategori kurang percaya, klaster terkahir yaitu klaster Profesi lainnya tingkat kepercayaan masyarakat berada pada angka 3,40 dari rentang 1 sampai 5 dan secara kontinum berada pada kategori kurang percaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:32
Last Modified: 23 Feb 2022 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37075

Actions (login required)

View Item View Item