Perbandingan Model Pembelajaran Project Citizen dan Cooperative Script Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKn pada Materi Norma Hokum Kelas VII di MTsN 1 Pasaman

Fithry, Nurul Wahyi (2021) Perbandingan Model Pembelajaran Project Citizen dan Cooperative Script Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKn pada Materi Norma Hokum Kelas VII di MTsN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURUL_WAHYI_FITHRY_16230014_6095_2021.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik yang rendah dalam pembelajaran PPKn menjadi latarbelakang peneltian. Kecenderungan guru mengunakan model konvensional belum dapat mengembangkan pemahaman konsep pembelajaran salah satu penyebabnya. Selain itu kedisiplinan peserta didik yang kurang selama pembelajaran dan beraktifitas di kelas juga menjadi penyebab. Model adaptif yaitu pembelajaran Project Citizen dan pembelajaran Cooperative Script. dapat mendorong peserta didik dan guru melakukan pembelajaran yang efektif. Maka melalui penelitian ini dilihat bagaimana perbandingan peningkatan pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik di kelas VII.8 dan VII.9 dalam pembelajaran PPKn dengan menerapkan kedua model tersebut. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan metode eksperimen kuasi pretest-posttest control group design. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan tes, angket dan observasi lapangan dimana sampel diambil mengunakan mengunakan purposive sampling. Data dianalisis mengunakan uji t-test dengan aplikasi SPSS. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Nilai rata-rata siswa dengan model pembelajaran Project Citizen (80.26) lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script (75.13) (2) 9 siswa (23.07%) memiliki tingkat kedisiplinan cukup pada model Project Citizen dan 12 siswa (30.76%) pada model Cooperative Script. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Project Citizen dan model pembelajaran Cooperative Script (D = 0.000) (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kedisiplinan siswa dengan model pembelajaran Project Citizen dan model pembelajaran Cooperative Script (D = 0.589). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Citizen lebih baik dalam meningkatkan pemahaman siswa dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script, namun dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tidak terdapat perbedaan antara kedua model pembelajaran..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:32
Last Modified: 23 Feb 2022 01:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37074

Actions (login required)

View Item View Item