Pola Perilaku Masyarakat dalam Menjalankan Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19: Studi di Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru

Febriana, Namira (2021) Pola Perilaku Masyarakat dalam Menjalankan Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19: Studi di Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NAMIRA_FEBRIANA_17052021_4181_2021.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kurangnya rasa tanggung jawab masyarakat di Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru dalam menjalankan aturan protokol kesehatan Covid-19 di kehidupan sehar-hari mereka. Karena masih banyak dijumpai masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya tidak menerapkan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker, berkerumunan, serta tidak menerapkan mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud perilaku masyarakat serta untuk mengidentifikasi faktor penyebab masyarakat mematuhi ataupun tidak mematuhi aturan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat dua perilaku masyarakt yaitu tidak patuh dan patuh. Wujud ketidakpatuhan yaitu tidak menggunkan masker, berkerumunan, tidak menerapkan sarana cuci tangan, dan penjagaan jarak. Kemudian wujud kepatuhan yaitu menggunakan masker, penerapan penyediaan cuci tangan, dan penjagaan jarak. Perilaku tersebut disebabkan beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal dan eksternal serta faktor pendidikan, jenis kelamin, dan jerus pekerjaan, dan agama yang membawa pengaruh terhadap kepatuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:31
Last Modified: 23 Feb 2022 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item View Item