Persepsi Guru Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar: Studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Fibra, Nadya Pradiva (2021) Persepsi Guru Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar: Studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NADYA_PRADIVA_FIBRA_201717052155_3558_2021.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Persepsi Guru Terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang.Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya guru yang kurang paham dalam pelaksanaan dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar disekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi guruterhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar dari segi penyusunan dan pelaksanaan, apa kendala yang terjadi dalam penyusunan dan pelaksanaan dan upaya guru mengatasi kendala tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif.Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi serta dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data yang diperoleh dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan basil penelitian yang diperoleh dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Gunung Talang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama guru PPKn, tidak hanya itu penyusunannya lebih efektif karena tidak menghabiskan waktu dan guru tidak terbebani dalam administrasi lalu guru bebas untuk berinovasi dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pelaksanaannya sudah diterapkan dengan baik di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Mengenai kendala Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar dari segi penyusunan yaitu tidak dijelaskan Indikator Pencapaian Kompetensi dan teknik penilaian pada asessment yang tidak mendetail, dari segi pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adanya informasi yang tidak jelas sehingga guru bingung dalam pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kesulitan guru menentukan tujuan dan kegiatan pembelajaran karena terkesan sederhana. Oleh karena itu upaya guru mengatasi kendala tersebut dari segi penyusunanguru hams melihat Indikator Pencapaian Keahlian yang ada disilabus mata pelajaran yang akan diajarkannya,dalam teknik penilaian atau asessmen guru bisa membuat dan melihat dilampiran, tidak hanya itu dari segi pelaksanaan guru mengikuti sosialisasi seperti MGMP, Workshop, dan In House Trainning(IHT) serta supervisi didalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:31
Last Modified: 23 Feb 2022 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37071

Actions (login required)

View Item View Item