Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Script di Kelas IV SD Negeri 08 Koto Gadang Kec. IV Koto. Kab. Agam

Isnain, Dwi Anggi (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Script di Kelas IV SD Negeri 08 Koto Gadang Kec. IV Koto. Kab. Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_DWI_ANGGI_ISNAINI_16129136_514_2020.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu, kemudian siswa kurang memahami konsep-konsep pembelajaran yang telah diajarkan, siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran, dimana dalam prses pembelajaran masih berpusat oleh guru, belum diterapkannya model pembelajaraan yang inovatif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Type Scriptdi kelas IVSD negeri 08 Koto Gadang Kec. IV Koto. Kab. Agamyang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas IV SD negeri 08 Koto Gadang Kec. IV Koto dengan jumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 84,08%, (baik) dan siklus II 93,18% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84,71%, (baik) dan siklus II 94,44%. (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 83,32%, (baik), dan siklus II 94,44%. (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 73,94 dan siklus II dengan rata-rata 82,34. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan modelCooperative Learning Type Scriptdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:30
Last Modified: 23 Feb 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37050

Actions (login required)

View Item View Item