Hubungan Dukungan Orangtua dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir

Aila, Asra (2020) Hubungan Dukungan Orangtua dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_ASRA_AILA_16006113_69_2020.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan dimana ditemukan siswa yang tidak berani dalam menyampaikan pendapat di depan kelas, siswa sering menyontek PR teman, keluar masuk saat proses pembelajaran berlangsung, tidak mengerjakan PR, serta masih ada siswa yang memiliki ketergantung terhadap orang lain dalam penyelesaian PR atau permasalahan dalam belajar. Salah satu faktor pembentukan kemandirian belajar siswa ditentukan sumber sosial, yakni orang dewasa yang berada di lingkungan siswa seperti orangtua, pelatih, anggota keluarga, dan guru yang mampu mendukung kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dukungan orangtua, gambaran kemandirian belajar siswa, dan melihat hubungan dukungan orangtua dengan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir yang berjumlah 180 orang, dengan sampel sebanyak 125 orang siswa, yang dipilih dengan mengunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar dan angket dukungan orangtua dengan model skala Likert. Adapun dalam pengolahan data peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dengan rumus statistik sederhana, kemudian untuk analisis korelasional peneliti menggunakan rumus pearson correlation product moment dibantu dengan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) Skor jawaban semua responden untuk setiap item mengenai dukungan orangtua di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir berdasarkan skor rata-rata yakni 79,43% berada pada kategori tinggi. Artinya siswa telah mendapatkan dukungan orangtua dalam belajar dengan baik, dan juga terdapat siswa dengan dukungan orangtua pada kategori sangat tinggi, sedang dan rendah. (2) Skor jawaban semua responden untuk setiap item kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir dengan skor rata-rata 71,29% berada pada kategori tinggi. Artinya sebagian besar kecenderungan siswa di SMP Negeri 2 Ranah Pesisir memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Akan tetapi juga terdapat siswa dengan kategori kemandirian belajar yang sangat tinggi, sedang dan rendah. (3) Terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan orangtua dengan kemandirian belajar yang mana nilai koefisien korelasi sebesar 0,617 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, dengan besar korelasi 0,60-0,7999 memiliki tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:29
Last Modified: 23 Feb 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37047

Actions (login required)

View Item View Item