Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Menyelesaikan Tugas Pelajaran di SMAN.

Saputra, Armon (2020) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Menyelesaikan Tugas Pelajaran di SMAN. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_ARMON_SAPUTRA_16006095_ 264_2020.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan wadah bagi individu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari seorang guru untuk disampaikan kepada siswanya. Selama proses mendapatkan ilmu pengetahuan yang diberikan guru kepada siswa, biasanya guru memberikan tugas pelajaran sesuai dengan materi yang dibahas pada saat proses belajar mengajar di kelas. Tugas yang diberikan ini biasanya dianggap kurang penting oleh siswa,sehingga pada saat mengerjakan tugas siswa melakukan penundaan dalam menyelesaikan tugas pelajaran yang diberikan guru biasanya disebut prokrastinasi. Perilaku ini dapat terjadi salah satunya rendahnya dukungan sosial orangtua dalam memperhatikan tugas-tugas siswa di sekolah. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Apakah adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik siswa menyelesaikan tugas pelajaran di SMAN”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional, dengan tujuan untuk mengungkapkan gambaran dukungan sosial orangtua, gambaran prokrastinasi akademik dan apakah adanyan hubungan dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMAN 1 X Koto Singkarak tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 401 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Data diolah dengan teknik statistik menentukan nilai mean, standar deviasi, range, skor dan presentase. Untuk mencari hubungan antara dua variabel, digunakan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for windows release 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama dukungan sosial orangtua siswa menyelesaikan tugas pelajaran di SMAN berada pada kategori sedang, kedua prokrastinasi akademik siswa menyelesaikan tugas pelajaran di SMAN kebanyakan berada pada kategori tinggi, dan ketiga terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik siswa menyelesaikan tugas pelajaran di SMAN dengan tingkat korelasi 0,035

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:28
Last Modified: 23 Feb 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37046

Actions (login required)

View Item View Item