Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL UNP terhadap Hasil Belajar Teknik Mesin Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Rahmat, Rahmat (2021) Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL UNP terhadap Hasil Belajar Teknik Mesin Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RAHMAT_17067030_3445_2021.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL dengan hasil belajar di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.Dengan asumsi bahwa semakin positif persepsi kemampuan mengajar mahasiswa PPL, maka semakin tinggi Hasil Belajar siswa. Sebaliknya semakin negatif persepsi kemampuan mengajar mahasiswa PPL, maka semakin rendah hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi, mendeskripsikan terlebih dahulu suatu kejadian keadaan atau kondisi yang terjadi dilokasi penelitian. Jumlah sampel sebanyak 79 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Teknik analisis data menggunakan SPSS 26 .Berdasarkan hasil perhitungan analisis data diperoleh koefisien r sebesar = 0,595 Terlihat r_hitung>r_tabelatau 0,595 > 0.220 Artinya ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar dengan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL dengan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan kolerasi variable bebas dan variable terikat adalah 0,354 Hal ini menunjukan bahwa konstribusi Variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL (X) dengan hasil belajar praktik (Y) adalah 35,4% dan sisanya 64,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus dari pembahasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:08
Last Modified: 22 Feb 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37041

Actions (login required)

View Item View Item