Hubungan Level Pendidikan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah (Daring) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir SeIatan

Britiwi, Liza (2021) Hubungan Level Pendidikan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah (Daring) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir SeIatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LIZA_BRITIWI_16052016_5215_2021.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning manajemen sistem (LSM) seperti menggunakan whatsapp group, zoom, google classroom dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana proses pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring untuk anak-anaknya dalam pendidikan sekolah pada masa pandemi Covid-19 dan bagaimana hubungan level pendidikan orang tua dan solusi yang di tempuh orang tua terhadap keberhasilan anak dalam pembelajaran daring di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Informan dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling yang berjumlah 24 orang dengan informan orang tua dan siswa atau anak di Kenagarian Kambang Barat.Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah berupa wawancara yang dilakukan peneliti, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu, menyangkut pembelajaran daring yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang dilakukan dengan membaca dan mengutip sumber-sumber tertulis seperti buku-buku, arsip, artikel, jurnal, surat kabar dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supaya terlaksananya belajar daring ini secara baik di perlukan wujud pendampingan orang tua terhadap proses belajar anak di rumah (Daring) dengan cara yaitu mendampingi anak selama proses belajar daring berlangsung, memberikan motivasi, nasehat dan perhatian kepada anak dan hubungan antara level pendidikan orang tua terhadap keberhasilan anak dalam belajar daring di rumah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anak dalam belajar dan unggul dalam pendidikan serta berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:06
Last Modified: 22 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37039

Actions (login required)

View Item View Item