Hubungan Pemakaian Alat Pelindung Diri terhadap Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Pratama P., Nofri (2021) Hubungan Pemakaian Alat Pelindung Diri terhadap Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NOFRI_PRATAMA_PUTRA_17067119_3350_2021.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pentingnya pemakaian alat pelindung diri pada siswa (2) mengetahui bagaimana pentingnya pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja pada siswa, dan (3) memahami hubungan pemakaian alat pelindung diri terhadap pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja pada siswa jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu pemakaian alat pelindung diri sebagai variabel X, pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja sebagai variabel Y. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jumlah sampel sebanyak 43 orang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes pengetahuan. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi product moment. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26.0. Hasil penelitian tingkat pemakaian alat pelindung diri pada kategori cukup dengan 48,8%, tingkat pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja pada kategori cukup dengan 48,8%, dan berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi diperoleh nilai rhitung atau nilai pearson correlation sebesar 0,471, jadi nilai rhitung> rtabel yaitu 0,471> 0,301, artinya terdapat hubungan pemakaian alat pelindung diri terhadap pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja dengan tingkat hubungan cukup kuat dan presentase kontribusi pemakaian alat pelindung diri terhadap pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja pada siswa jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Sumatera Barat adalah22,1%, sedangkan sisanya (77,9%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ALAT PELINDUNG DIRI
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:30
Last Modified: 21 Feb 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item