Persepsi Siswa terhadap Penerapan Metode Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 5 Padang

Putri, Nidya Meliza (2021) Persepsi Siswa terhadap Penerapan Metode Blended Learning pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NIDYA_MELIZA_PUTRI_17067118_3591_2021.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa terhadap penerapan pembelajaran metode blended learning pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang dilakukan dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif yang meliputi: median, mean, modus, standar deviasi, dan frekuensi relatif persentasi kemudian dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas. Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 dan X TPM 2. Perlakuan yang diberikan dengan menggunakan metode blended learning. Hasil dari penelitian diketahui bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran blended learning mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin. Hasil dari frekuensi variabel persepsi siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 44 siswa (76%) dari 58 siswa, kelas X terhadap penerapan metode blended learning dalam mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin hal ini dapat dikatakan respon dan perhatian yang baik pada pembelajaran bagi siswa. Dampak blended learning yang diperoleh sekolah yaitu proses pembelajaran lebih baik, guru lebih optimal dalam mengajar, dan harus mendukung dalam sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:29
Last Modified: 21 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37032

Actions (login required)

View Item View Item