Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII.

Muslan, Muslan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_MUSLAN_16004045_1316_2020.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran merupakan dinamika kehidupan guru dan siswa di sekolah. Masalah tersebut tidak akan pernah habis untuk dikaji dan tidak akan pernah tuntas untuk dibahas. Sama seperti halnya dengan mata pelajaran IPA, mata pelajaran IPA hampir setiap sekolah dan jenjang pendidikan selalu menimbulkan masalah baik bagi siswa maupun guru. Maka dengan ini permasalahan yang dikaji dalam penelitian dan pengembangan ini adalah “Bagaimana pengembangan media pembelajaran materi tentang konsep suhu, pemuian, kalor pada mata pelajaran IPA kelas VII?” Tujuan pengembangan ini adalah untuk: (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran menggunakan Ispring Suite (2) mengetahui berdasarkan hasil validasi media pembelajran menggunakan Ispring Suite. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu, (1)Perencanaan, (2)Desain Produk, (3)Validasi Produk, (4)Revisi Produk. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang mendeskripsikan validitas, praktikalitas media yang digunakan. Penilaian dilakukan oleh dua validator ahli media, dan ahli materi. Berdasarkan perolehan hasil penilaian oleh ahli media berada pada kriteria “Baik” dan layak digunakan untuk proses pembelajaran, hasil ini diperoleh dari nilai persentase kelayakan media dari aspek media sebelum melakukan revisi mendapatkan persentase sebesar 79,56%, nilai persentase setelah melakukan revisi mendapatkan nilai sebesar 97,38%, dan nilai kelayakan dari aspek materi mendapatkan persentase sebesar 95,66% . dari hasil nilai persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Ispring Suite ini berada pada kriteria “Sangat Baik” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:29
Last Modified: 21 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37027

Actions (login required)

View Item View Item