Efektivitas Model Pembelajaran Prosedural dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Siswa Tunarungu (Pre Experimental Design di SLBN 1 Linggo Sari Baganti).

Rusadi, Weweng Paramita (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Prosedural dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Siswa Tunarungu (Pre Experimental Design di SLBN 1 Linggo Sari Baganti). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_WEWENG_PARAMITA_RUSADI_16003186_863_2020.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk membuktikan efektivitas model pembelajaran prosedural dalam meningkatkan keterampilan vokasional bagi siswa tunarungu kelas X di SLB I Linggo Sari Baganti.Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan disaat siswa mengikuti pembelajaran keterampilan vokasional. Terdapat 5 siswa tunarungu yang kurang semangat dalam proses pembelajaran keterampilan vokasional, hal ini disebabkan guru belum optimal dalam menggunakan model disaat proses pembelajaran keterampilan vokasional. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain Pre-Ekperimental, jenis one group pretest and posttest design. Subjek penelitian berjumlah 5 orang siswa tunarungu.Penelitian terdapat 2 kali pelaksanaan observasi, yang pertama sebelum eksperimen atau bisa disebut dengan pre test yang dimaksudkan agar mendapatkan hasil kemampuan awal siswa. Selanjutnya diberikan perlakuan dan treatment dengan menggunakan model pembelajaran prosedural diberikan kepada siswa sebanyak 5 kali pertemuan, untuk tahap ini tidak dilakukan penilaian. Pada tahap ketiga yaitu post test, untuk mengukur kemampuan akhir siswa dalam membuat papan karangan bunga. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes perbuatan.Selanjutnyadata diolah menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil nilai Rank Test antara pretest dan posttest 2,041 dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) 0,041. Nilai probabilitas yang ditetapkan yaitu α=0,05 sehingga probabilitas kurang dari yang ditetapkan, dengan demikian Ha diterima Ho ditolakjadi terbukti bahwa model pembelajaran prosedural efektif digunakan dalam keterampilan vokasional membuat papan karangan bunga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:29
Last Modified: 21 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37026

Actions (login required)

View Item View Item