Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi

Fikri, Miftahul (2021) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MIFTAHUL_FIKRI__16067048_3550_2021.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari sejauh mana tujuan pembelajaran dapat terealisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil prestasi yang diraih oleh siswa berupa vii hasil belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai hasil pembelajaran dan sebagai bahan evaluasi bagi guru untuk menentukan keberhasilan dan proses pengajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar yang disampaikan oleh guru dapat mudah dipahami. Strategi atau cara agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar lebih mudah diserap oleh siswa dapat diatasi dengan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar dasar perancangan teknik mesin siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional bertujuan untuk mengungkapkan hubungan penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar dasar perancangan teknik mesin siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan jumlah populasi 85 siswa. Teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang sengaja ditetapkan oleh peneliti yang sesuai dengan tujuan penelitian sebanyak 65 siswa dengan 20 sampel uji coba. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh harga r sebesar rhitung 0.580 > rtabel 0.244. Setelah dilakukan uji t diketahui bahwa thitung 4.9393 > ttabel 1.296 pada taraf signifikan 5%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedua variabel dengan taraf signifikan 5% dinyatakan hipotesis diterima dilihat dari hasil tersebut. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi, Dengan interprestasi koefisien korelasi 0.580 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:28
Last Modified: 22 Feb 2022 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37024

Actions (login required)

View Item View Item