Peningkatan Keterampilan Membuat Pakan Ayam bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X Melalui Metode Drill di SLBN I Ranah Pesisir

Helvina, Reni (2020) Peningkatan Keterampilan Membuat Pakan Ayam bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X Melalui Metode Drill di SLBN I Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_RENI_HELVINA_18003187_1215_2020.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

SLBN I Ranah Pesisir pada dua orang anak tunagrahita ringan yang mengalami permasalahan dalam hal menyebutkan alat dan bahan serta cara pembuatan pakan ayam, hal ini disebabkan karena guru hanya menerangkan bahan dan cara pembuatan pakan ayam saja. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut melalui pembelajaran metode Drill.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru bidang studi keterampilan peternakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan tatap muka dan evaluasi. Teknik data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, video, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membuat pakan ayam melalui Drill mengalami peningkatan yang siknifikan. Hal ini terlihat dari persentase nilai siswa AT mengalami peningkatan dari kemampuan awal 39,28%, siklus I 82,14%, dan siklus II 96,43%. Sedangkan siswa FT kemamuan awal 39,28%, siklus I 89,28%, dan siklus II 96,43%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan proses pembelajaran membuat pakan ayam bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:28
Last Modified: 22 Feb 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37021

Actions (login required)

View Item View Item