Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan

Yuliana.S, Ema (2021) Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_EMA_YULIANA_17052010_3360_2021.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingya kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran covid-19 disekolah agar sekolah tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan, faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Informan penelitian adalah warga SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan a) sekolah telah berupaya menerapkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan 5M secara baik yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, namun masih ada warga sekolah yang tidak menerapakan protokol kesehatan dengan baik. b) Faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu kurangnya kesadaran dan ketaatan warga sekolah dalam menaati aturan yang berlaku, sanksi yang diberikan kurang memberikan efek jera bagi warga sekolah yang melanggar serta adanya pengaruh dari lingkungan sekitar. c) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu bekerja sama dengan pihak lain untuk mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, melakukan razia protokol kesehatan, memberikan sanksi, dan membuat slogan tentang wajib mematuhi protokol kesehatn dilingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:26
Last Modified: 21 Feb 2022 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37010

Actions (login required)

View Item View Item