Persepsi Guru Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Koto XI Tarusan.

Elvira, Yudia (2021) Persepsi Guru Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YUDIA_ELVIRA_15046117_3951_2021.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai persoalan mengenai partisipasi siswa. Permasalahannya 1) kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 Koto XI Tarusan. 2) siswa hanya fokus mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 Koto XI Tarusan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 4 orang guru mata pelajaran sejarah Indonesia di SMAN 2 Koto XI Tarusan. Siswa yang dipersepsi atau dinilai guru 34 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala pengukuran skala likert yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan presentase. Temuan dari hasil data yang diolah diketahui bahwa siswa dalam pembelajaran sejarah secara umum yaitu tergolong baik, artinya siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran sejarah dengan baik. Persepsi guru pertama terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah berada pada tingkat kategori sangat baik. Persepsi guru kedua terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah pada tingkat kategori baik. Persepsi guru ketiga dan keempat terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah pada tingkat kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:58
Last Modified: 21 Feb 2022 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36998

Actions (login required)

View Item View Item