Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 2 di Kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok.

Sari, Yupi Puspita (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 2 di Kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YUPI_PUSPITA_SARI_16129440_452_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan proses belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 83,32% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,22% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,87% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,87% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 2 di kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, DISCOVERY LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:58
Last Modified: 21 Feb 2022 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36996

Actions (login required)

View Item View Item