Peningkatan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 23 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang.

Maisyarah, Siti (2021) Peningkatan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 23 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SITI_MAISYARAH_16129404_1401_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di kelas V ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya variasi guru dalam penggunaan pendekatan pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian siklus I pada rencana pelaksanaan pembelajaran 82,14% (Baik) ,meningkat pada siklus II menjadi 91.06% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru 80,35% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 79,46%, meningkat pada siklus II menjadi 91,06% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I peserta didik menjadi 71,56 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 81,03 (Amat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING, PENILAIAN PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:57
Last Modified: 21 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36994

Actions (login required)

View Item View Item