Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model ASSURE pada Siswa Kelas IV di SDN 06 Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan.

Wahyuni, Shinta Sri (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model ASSURE pada Siswa Kelas IV di SDN 06 Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SHINTA_SRI_WAHYUNI_16124071_2801_2021 PASCA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti pada riset awal. Dalam pembelajaran tematik terpadu guru belum mendesain pembelajaran dengan maksimal sehingga kegiatan pembelajaran berpusat pada guru yang mengakibatkan terjadinya bentuk komunikasi satu arah. Pada proses pembelajaran guru belum menggunakan metode, media berbasis teknologi dan materi ajar yang belum sesuai dengan karakteristik siswa. Mengatasi hal itu, perlu dicarikan solusi berupa pengembangan desain pembelajaran tematik terpadu di SD yang berbasis Model ASSURE. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan desain pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: (a) Analyze learners characteristics, (b) State objectives, (c) Select methods, media, and materials, (d) Utilize materials, (e) Requires learner participation, (f) Evaluate and revise. Uji coba penelitian ini dilakukan di SDN 06 Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan pada siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas desain pembelajaran yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh tingkat validitas desain pembelajaran masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba terbatas, diketahui bahwa praktikalitas berada pada kategori sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik. Selanjutnya, dari hasil altivitas, sikap, pengetahuan dan keterampilan, desain pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif penggunaanya dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran tematik terpadu berbasis model ASSURE telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DESAIN PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:57
Last Modified: 21 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36993

Actions (login required)

View Item View Item