Penerapan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Padang Besi Kota Padang.

Sari, Rozi Ratna (2021) Penerapan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Padang Besi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ROZI_RATNA_SARI_16129268_152_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar yang kurang optimal dan belum sesuai dengan harapan. Hal ini dikarenakan guru belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu, sperti tidak menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan kurang tertarik dalam belajar yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) di kelas IV SDN 08 Padang Besi, Kota Padang dilihat dari segi langkah-langkah pelaksanaan dan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan TS-TS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru dan siswa kelas IV SDN 08 Padang Besi, Kota Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukan langkah pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu mengikuti tahapan menggunakan TS-TS persiapan, presentasi guru, kegiatan kelompok, formalisasi, evaluasi kelompok dan penghargaan. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yaitu siswa yang pasif, mengganggu teman, kurang bersemangat, malu menyampaikan pendapat, fokus siswa terbagi, pengelolaan kelas oleh guru, keefektifan waktu, penyusunan dan kedalaman materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, HASIL BALAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:57
Last Modified: 21 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36992

Actions (login required)

View Item View Item