Rekondisi Mesin Sekrap Onak L-350 No. M3 2401 (Sistem Kopling, Tool Post, Tuas Pengatur Langkah Lengan, Sistem Otomatis)

Tara, Juanda (2021) Rekondisi Mesin Sekrap Onak L-350 No. M3 2401 (Sistem Kopling, Tool Post, Tuas Pengatur Langkah Lengan, Sistem Otomatis). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_JUANDA_TARA_18072045_3546_2021.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Mesin sekrap di laboratorium pemesinan tidak semua dapat berfungsi, salah satunya Mesin sekrap onak L-350 No.M3 2401, Mesin ini mengalami kerusakan sistem kopling, tool post, tuas pengatur langkah lengan, sistem otomatis dan perlu dilakukan perbaikan agar praktikum tidak terganggu. Metode perbaikan pada mesin sekrap meliputi beberapa langkah kerja, yaitu mengidentifikasi kerusakan pada mesin sekrap, mengumpulkan data kerusakan pada mesin sekrap, melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak pada mesin sekrap, dan pengujian mesin sekrap. Perawatan pada mesin ini bersifat Corrective Maintenance karena mesin dalam keadaan mati. Mesin sekrap yang telah diperbaiki akan dilakukan pengujian tanpa beban dan dengan beban. Pengujian tanpa beban meliputi pengujian getaran, kebisingan, dan ketahanan. Sedangkan pengujian dengan beban meliputi pengujian sistem kopling, sistem otomatis,tool post, dan pengujian kedataran hasil kerja mesin. Akhirnya mesin sekrap yang diperbaiki dapat berfungsi Kembali dengan optimal dan komponen yang diperbaiki serta dibuat berjalan dengan optimal yang bisa digunakan kembali didalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBUATAN KOMPONEN
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:46
Last Modified: 18 Feb 2022 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36989

Actions (login required)

View Item View Item