PKM Peningkatan Penerapan Iptek dan Keterampilan Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art bagi Ibu-ibu PK dan Remaja Putri di Nagari Maninjau Kabupaten Agam

Efrianova, Vivi and Yusmerita, Yusmerita (2021) PKM Peningkatan Penerapan Iptek dan Keterampilan Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art bagi Ibu-ibu PK dan Remaja Putri di Nagari Maninjau Kabupaten Agam. Project Report. Pdd. Tata Rias dan Kecantikan, Padang.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_AKHIR_PKM_MANINJAU_VIVIE_2021_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan surat permintaan dari Wali Nagari Maninjau kepada pihak Univeristas Negeri Padang untuk dapat melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat di Nagari Maninjau, dikarenakan Ibu-ibu PKK dan remaja putri di Nagari Maninjau sebagai mitranya sangat membutuhkan penyuluhan dan pelatihan keterampilan dalam bidang jasa Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art dikarenakan Nagari Maninjau merupakan daerah kawasan wisata yang sering melaksanakan Event budaya dan banyaknya acara pesta pernikahan yang membutuhkan jasa Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art. Untuk itu sangat perlu diberikan beberapa bentuk pelatihan yang sifatnya praktis dimasa COVID-19 ini yang membawa dampak positif bagi mitra untuk dapat belajar dirumah, berlatih mengisi waktu dimasa Lockdown dengan tujuan dapat membuka cakrawala dalam menciptakan usaha sendiri dalam bidang usaha jasa Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art serta untuk menggurangi pengganguran wanita di Nagari Maninjau. Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan mitra dengan memberikan pelatihan Tata Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art bagi ibu-ibu PKK dan remaja Putri di Nagari Maninjau sesuai dengan keahlian tim pengabdian dibidang Tata Rias dan Kecantikan dan Bidang Tata Busana. Metode dan materi yang akan diberikan saat pelatihan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi mitra sebagai berikut: a).Pelatihan Pemilihan Kosmetika untuk Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim , b). Teknik pemasangan Hijab Pengantin Muslim, c). Pengetahuan Teknik Nail Art, d). Menentukan warna riasan Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim , e). Desain Teknik Nail Art, f). Teknik rias wajah pengantin gaun panjang muslim Gaun Panjang Muslim dan Teknik Nail Art. Pelaksanaan pengabdian bagi masyarakat digunakan metode yang bervariasi yaitu: 1) Metode ceramah dan tanya jawab tentang Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim , teknik pemasangan hijab pengantin muslim dan Teknik Nail Art, 2) Metode demonstrasi dan praktek (Pemilihan kosmetika Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim , teknik pemasangan hijab pengantin Muslim dan Teknik Nail Art, Pemilihan warna riasan Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim dan desain Teknik Nail Art dan praktek Rias Pengantin Gaun Panjang Muslim , praktek pemasangan hijab pengantin Muslim dan praktek Teknik Nail Art), 3) Bimbingan. Target luaran dari Program Kemitraan Masyarakat ini terdiri dari: 1). Publikasi artikel Ilmiah di jurnal Invotek FT UNP, Publikasi pada Media Cetak Koran Padang Ekspres, 3). Video kegiatan PKM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:15
Last Modified: 21 Feb 2022 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36988

Actions (login required)

View Item View Item