Interpretasi Nilai-nilai Edukatif Lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik

Desyandri, Desyandri (2018) Interpretasi Nilai-nilai Edukatif Lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik. In: Berbagi Musik Persembahan untuk Sang Maha Guru. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 147-156. ISBN 978-602-6509-25-3

[img]
Preview
Text
2018_Desyandri_Chapter_Berbagi_Musik_untuk_Sang_Maha_Guru_pages.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pewarisan nilai-nilai yang terkandung dalam adat Minangkabau telah dilakukan secara turun-temurun dengan berbagai cara. Dalam masyarakat Minangkabau, salah satu cara yang digunakan adalah melalui seni pertunjukan atau kesenian Minang, seperti yang dikemukakan Amir (2011: 76) bahwa “adat-istiadat merupakan aneka kelaziman dalam suatu nagari. Kelaziman ini pada umumnya menyangkut pengejawantahan unjuk rasa seni budaya masyarakat, seperti acara-acara keramaian anak nagari (generasi muda), seperti pertunjukan randai, saluang, aneka tari-tarian, dan aneka ragam kesenian. Amir menambahkan, bahwa kebanyakan adat atau nilai-nilai sopan-santun, basa-basi, serta tata krama pergaulan termasuk dalam klasifikasi “adat-istiadat”.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Feb 2022 00:49
Last Modified: 18 Feb 2022 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36982

Actions (login required)

View Item View Item