Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Picture And Picture di Kelas V SDN 17 Pasar Ambacang Kota Padang.

Safrullah, Ridho (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Picture And Picture di Kelas V SDN 17 Pasar Ambacang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIDHO_SAFRULLAH_17129075_2395_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah dan peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Maka mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 29 orang siswa kelas V SDN 17 Pasar Ambacang Kota Padang. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Pada aspek RPP memperoleh rata- rata 82% pada siklus I menjadi 97,2% pada siklus II. (2) Pada aspek guru meningkat dari rata- rata 82% pada siklus I menjadi 97,2% pada siklus II. (3) Pada aspek peserta didik meningkat dari rata- rata 83% pada siklus I menjadi 97,2% pada siklus II. (4) Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata – rata 74 lalu meningkat disiklus II menjadi 88. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas V SDN 17 Pasar Ambacang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:03
Last Modified: 17 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36974

Actions (login required)

View Item View Item