Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Keliling dan Luas Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Murtias, Ridha Nanda (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Keliling dan Luas Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIDHA_NANDA_MURTIAS_17129404_2501_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunakan media pembelajaran yang masih bersifat sederhana seperti media berbahan dasar karton, media gambar yang dipajang di dalam kelas dan penggunaan papan tulis sehingga terdapat kesulitan bagi peserta didik dalam memahami konsep matematika. Pemanfaat teknologi seperti penggunaan power point dengan menggunakan proyektor masih sangat sedikit dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, hasil belajar peserta didik yang dihasilkan membutuhkan banyak media sebagai alat bantu dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Develompent dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap analysis, design, development, implementation¸ dan evaluation. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN 11 Batang Anai. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan instrumen yang dipakai tes dan non-tes. Hasil penelitian memperoleh tingkat kevalidan 89,3% dalam kategori valid, tingkat kepraktisan dari respon peserta didik dan guru dengan rata-rata 94,72% dan 91,7% dalam kategori praktis serta presentase ketuntasan belajar 86,7% yang menyatakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MACROMEDIA, MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:02
Last Modified: 17 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36969

Actions (login required)

View Item View Item