Yon Aldi: Peracik Teh Pahit Mak Yon di Jorong Guntuang Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 1975-2020

Sari, Sindi Fatika (2021) Yon Aldi: Peracik Teh Pahit Mak Yon di Jorong Guntuang Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 1975-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SINDI_FATIKA_SARI_17046188_5158_2021.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Teh pahit Mak Yon adalah minuman teh tradisional yang diracik dari berbagai macam rempah-rempah seperti keji beling, kumis kucing, daun gambir, samiluto, pasak bumi, benalu, dan mahkota dewa yang diolah yang tidak beri gula sedikitpun. Teh pahit Mak Yon memiliki berbagai macam manfaat yaitu mencegah infek ginjal, kencing batu/batu ginjal, diabetes, prostat, lemah syahwat, sembelit, wasir, maag, diare, kanker/tumor, rematik, asam urat, sakit pinggang, melancarkan haid, pendarahan, dan juga melancarkan peredaran darah. Manfaat lain dari teh pahit Mak Yon yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga metabolisme tubuh. Kajian ini merupakan penelitian Biografi yang tergolong kepada jenis Biografi Tematis yang terkhusus membahas sosok Yon Aldi sebagai peracik teh pahit Mak Yon di Jorong Guntuang Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota yang membantu dalam menyembuh penyakit dalam. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri atas empat tahap, yaitu Tahap Pertama, ialah mengumpulkan data dari sumber lisan dan tulisan. Data yang ditemukan melalui studi arsip yang diperoleh dari lembaga ataupun pemilik pribadi, studi pustaka dan wawancara bersama orang -orang terdekat Yon Aldi serta pelanggan tetap dan masyarakat kenagariannya. Tahap Kedua, ialah kritik sumber baik internal ataupun ekstemal. Tahap Ketiga, ialah analisis dan interpretasi terhadap data. Tahap Keempat, ialah mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah yaitu skripsi.Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Yon Aldi sebagai peracik teh pahit Mak Yon memberikan dampak yang besar dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit dalam. Yon Aldi memulai meracik teh pahit dengan mensatu padukan berbagai macam tanaman tradisional seperti mahkota dewa, kejibeling, kumis kucing, pasak bumi, sambiloto, benalu kopi, dan gaun gambir. Tanaman yang terdapat didalam racikan teh pahit Mak Yon berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam, misalnya mencegah kanker, diabetes, hipertensi, maag, asam urat, rematik, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Teh pahit Mak Yon sekarang sudah dikonsumsi oleh masyarakat luas perkembangan dari teh pahit Mak Yon ini sudah meliputi Solok, Batam, Jawa, dan Malaysia. Teh pahit Mak Yon ini sudah dijadikan minuman kesehatan baik dikalangan lansia maupun remaja serta juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:02
Last Modified: 17 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36967

Actions (login required)

View Item View Item